Sabtu, 02 Maret 2013

Peta Politik Kolaka Jelang Pilbup 2014 (Bagian 1)

Herman Syahruddin (Ketua LSM LIDER SULTRA)

“Ahmad Safei Pemimpin Yang Bijak, Tegas dan Amanah”


Saat ini peta politik jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Kolaka terlihat masih sangat sulit diprediksi lantaran sejumlah calon yang akan memastikan diri untuk maju sebagai calon masih berhitung panjang.Padahal tahapan penjaringan calob Bupati dan Wakil Bupati Kolaka diperkirakan akan berlangsung di bulan April 2013. Saat ini, yang terlihat di Kolaka dipastikan maju sebagai calon Bupati terjajal nama H. Ahmad Safei, yang masih menjabat sebagai Sekretaris Kabupaten Kolaka, Amir Sahaka juga masih menjabat sebagai Wakil Bupati Kolaka, dan Harun Rahim, Anggota DPRD Provinsi Sultra dari Partai Demokrat, disusul nama Ali Nur (mantan Pj.Bupati Kolaka dan mantan Kadispenda Provinsi Sultra), Farhat Abbas suami dari artis Nia Daniaty  yang berprofesi sebagai pengacara sekaligus seleberiti.Terakhir muncul nama Sabaruddin Labamba politisi PAN dan Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara yang juga ikut meramaikan bursa Cabup Kolaka Periode 2014-2019 nanti.
Dari nama yang muncul ini, nampaknya nama Ahmad Safei, Harun Rahim, Amir Sahaka dan Farhat Abbas sudah menunjukkan nilai popularitasnya di kalangan masyarakat Kolaka.  Sosok H. Ahmad Safei, sebagai calon Bupati Kolaka tentunya akan sangat diuntungkan dengan pengalamannya dan jaringan yang dimiliki saat ini, selain itu dia masih memiliki kekuatan sebagai Sekretaris Kabupaten Kolaka, dengan posisinya ini akan memberikan kekuatan tersendiri untuk mendapatkan pengaruh secara signifikan. Dari sisi keperibadian yang dimiliki Ahmad Safei sebagai calon pemimpin di Kolaka ini, sudah dapat dirasakan oleh masyarakat di Kolaka sejak ia berkarir sebagai birokrat di Kabupaten Kolaka.Pengalamannya untuk memimpin di Kolaka sejatinya tidak diragukan lagi, pasalnya dia pernah menduduki jabatan camat di Kec. Watubangga, Kepala Badan Pemberdayaan masyarakat Desa (BPMD) hingga menjadi orang nomor satu di lingkup Sekretariat Kabupaten Kolaka. Dari jalan panjang karirnya sebagai birokrat yang berpengalaman tentunya ini menjadi referensi bagi masyarakat untuk menentukan pilihannya nanti. Sikap tegas dan bijaksana yang dimiliki Ahmad Safei yang dikenal dekat dengan kalangan anak muda di Kolaka menjadi kelebihan tersendiri baginya.Dengan demikian dari sisi popularitas Ahmad Safei, tak dapat dipandang sebelah mata.
Bagaimana dengan tingkat elektabilitas Ahmad Safei jelang dimulainya tahapan Pilkada Kolaka ini, dari catatan penulis terlihat mengalami peningkatan yang cukup signifikan, meskipun ukuran ini masih akan terus berubah-ubah. Dari informasi yang penulis dapatkan bahwa hasil survey elektabilitas Ahmad Safei berada di urutan teratas dibanding calon-calon yang ikut disurvey. Soal hasil survey elektabilitas ini, tentunya akan menjadi perdebatan bagi tim sukses calon Bupati Kolaka yang lain. Klaim tertinggi dalam dinamika politik jelang Pilkada menjadi biasa, sekaligus salah satu strategi bagi calon.Tentunya, hasil survey dari lembaga riset poilitik akan turut mempengaruhi faktor keterpilihan dari sang calon Bupati yang akan bertarung.
Tingginya angka popularitas dan elektabilitas Ahmad Safei hari ini dapat dilihat dari posisinya saat ini sebagai Sekretaris Kabupaten di Kolaka ? Hal ini tidak bisa pungkiri, namun terlepas dari jabatan yang masih melekat dari Ahmad Safei sesungguhnya, dia memang memiliki sikap sosial yang diperlihatkan di lingkungan tempat tinggalnya di Watuliandu. Tak hanya itu, penerimaannya kepada semua kalangan juga sangat menonjol dalam diri anak dari tokoh veteran pejuang H.Hanise di Kolaka ini.
Lugas, tegas dan bijaksana bagi Ahmad Safei menjadi karakternya, maka tak heranlah jika berurusan dengannya semuanya akan terlayani dengan baik tanpa ada yang merasa dirugikan.Sikap ini tentunya sangat dirasakan oleh pekerja media dan aktifis LSM yang ada di Kolaka. Suparman Sultan (27) salah satu pekerja jurnalis nasional yang kerap mewancarai Ahmad Safei mengakui kedekatannya dengan Sekretaris Kabupaten Kolaka ini. ‘’ Dia orangnya sangat terbuka untuk memberikan pelayananan kepada siapa saja,’’ tutur Suparman Sultan yang kerap disapa Abdi ini kepada penulis ketika itu.
Lain halnya dengan Herman Syahruddin, aktifis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lingkar Demokrasi Rakyat  (LIDER) Sulawesi Tenggara, menilai sosok Ahmad Safei sebagai figur pemimpin masa depan yang sangat tepat untuk mengambil alih tongkat kepemimpinan dari Buhari Matta yang tak lama lagi meninggalkan jabatannya itu.
Dari hasil kajian LIDER Sultra, nama Ahmad Safei memiliki komitmen yang kuat untuk membangun Kolaka ke arah yang lebih baik. “Alasannya, Safei sudah memahami semua dinamika yang jadi persoalan masyarakat Kolaka. Selama ini kami telah melakukan kajian terhadap sejumlah calon Bupati Kolaka yang akan maju dalam Pilkada ini, Ahmad Safei memiliki keunggulan disbanding calon-calon yang lain,’’ jelas Herman yang secara terbuka memberikan dukungan kepada Ahmad safei.  
Penilaian ini, kata Herman yang juga rela meninggalkan jabatan strategis di Partai besutan Wiranto (Hanura) Kolaka ini, dia obyektif dan berdasarkan fakta sosial. Hari ini banyak tokoh dan politisi yang berniat menjadi pemimpin bahkan ada calon yang sudah pernah mendapat amanah memimpin di Kolaka namun mengabaikan amanah dan tanggungjawabnya sebagai pemimpin.’’ Kita terbuka saja, calon-calon yang lain itu, kontribusi apa yang sudah diberikan untuk masyarakat Kolaka. Kalau hari ini mereka menjadi wakil rakyat. Pertanyaanya apa yang mereka sudah perjuangkan untuk kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Kolaka. Khan hampir tidak ada yang bisa dinilai sebagai wujud kepedulian mereka’’ tegas Herman dalam focus diskusi “Mencari Pemimpin Kolaka Masa Depan” yang diadakan oleh LSM LIDER Sabtu(2/3) pekan lalu.


    
   
  

14 komentar:

  1. Insya Allah,... Semoga waktu bisa menjawabnya...

    BalasHapus
  2. Safei pasti menang... dan selalu di hati
    mari dukung bapak pembangunan baru kita demi kab. kolaka

    BalasHapus
  3. belum tentu karena dhadang pak ali nur hae apalagi ada pak nur

    BalasHapus
  4. Amir sahaka adalah calon bupati kolaka yang terbaik buat rakyat kolaka.

    BalasHapus
  5. H. Amir Sahaka Adalah Sosok Pemimpin kolaka yang ber basic pendidikan dan Parmin dasir adalah pengontrol masyarakat yang arif.. pasangan ini pasti paling kuat...

    BalasHapus
  6. H.Ahmad Safei pernah jadi camat Watubangga,,beliau sangat Low Profile,,Kami warga watubangga berdo'a .Semoga beliau jadi pemimpin yang Amanah di Kolaka,,, Amin

    BalasHapus
  7. Kami warga kolaka selalu berdoa harun ( no 4 )memenangkan pemilihan bupati yang akan di laksanakan TGL 20 okto

    BalasHapus
  8. KAMI TAK AKAN BERGEMING SEDIKITPUN UNTUK MEMENANGKAN PASANGAN SMS BERJAYA SAMPAI TITIK DARAH PENGHABISAN. SMS PASTI MENANG. BY MUARA COMUNITY

    BalasHapus
  9. Jangan perna berharap Sms akan menang.saya sarangkan sm teman2 kalau mau memili jangan pili sms.lebibaik yang lain.

    BalasHapus
  10. Aspirasi nmor 5 !!
    Kbanggaan buat warga kolaka,
    Ɣĝ lain pndatang T̶i̶d̶a̶k̶ akan bisa menangg :)

    BalasHapus
  11. Saya mintA maaf om pei.sebenarnya saya ingin bantu om pei.tapi team om pei terlalu sombong semua.ini bukan cuma saya yang bilang tapi banyak orang yang bilang

    BalasHapus