Selasa, 26 Februari 2013

HUT Kolaka 53, USN Kolaka Resmi Jadi PTN


HUT Kolaka 53, USN Kolaka Resmi Jadi PTN

Di usia 53 Tahun Kabupaten Kolaka ini, menjadi momen yang penting dicatat dalam sejarah perjalanan daerah yang penuh dengan dinamika. Banyak prestasi yang berhasil dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Kolaka bersama elemen-elemen yang terkait dalam peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.Salah satunya, di bidang pendidikan pihak perguruan tinggi, Universitas Sembiln belas Nopember (USN) Kolaka tahun ini mempersembahkan statusnya yang dulunya sebagai perguruan tinggi swasta (PTS), akan berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pertama di Kabupaten Kolaka.


Tentunya, masyarakat Kabupaten Kolaka patut bersyukur dengan upaya yang telah dilakukan pihak USN dibantu oleh Pihak Pemerintah Kabupaten Kolaka dan sejumlah tokoh-tokoh yang merintis dari awal pendirian STKIP menjadi USN hingga berstatus Perguruan Tinggi Negeri. Upaya ini tentunya tidak lepas dari sosok DR.Ashari sebagai Rektor USN Kolaka.

Semula banyak pihak yang meragukan perjuangan ini akan berhasil, tetapi Azhari begitu yakin bahwa dia bisa merubah status USN dari PTS menjadi PTN.’’ Perjuangan penegerian USN Kolaka begitu berat dan panjang. atas dukungan dan kerjasama civitas akademika USN, Pemkab Kolaka, masyarakat Kolaka, Pemprov Sultra dan dunia usaha seperti PT Antam UBPN Sultra. Bisa terwujud,’’ Ungkap DR.Azhari ketika ditemui media ini, Rabu (27/2) di ruang kerjanya.


Menurut Rektor, pada acara peresmian penegerian oleh Presiden RI nanti, rombongan USN Kolaka akan dipimpin langsung oleh Gubernur Sultra, H. Nur Alam. Bahkan menurut Azhari proses peresmian penegerian USN bersama 17 Universitas dan Politeknik lainnya bisa saja dilakukan oleh Presiden RI di Kolaka jika saja Gubernur menghendaki dilakukan seperti itu.

Sementara itu, Wakil Bupati Kolaka mengungkapkan  hal ini merupakan prestasi dan terobosan luar biasa yang dilakukan civitas akademika USN Kolaka yang perlu kita dukung sepenuhnya,

Dalam catatan media ini bahwa serah terima aset yang diserahkan ketua Yayasan Pembaharuan Pembangunan Pembangunan Pendidikan Indonesia Kolaka (YAPPPIKA) H. Andi Syahruddin Muharram selaku pihak kedua kepada Kemendikbud melalui Dirjen Dikti Kemendikbud Prof. Dr. Djoko Santoso selaku pihak pertama, dengan saksi yang ikut bertandatangan yakni Bupati Kolaka, Ketua DPRD Kolaka, RektorUSN dan Direktorat Kelembagaan dan kerjasama Dirjen Perguruan Tinggi Kemendikbud Prof. Achmad Jazidie, serta penandatanganan nota kesepahaman antara Mendikbud RI dengan Bupati Kolaka tentang pendirian dan penyelenggaraan Universitas Negeri Sembilan belas November (UNSN) yang ditandatangani Dirjen Dikti Prof. Dr. Djoko Santoso dan Bupati Kolaka Dr. H. Buhari Matta, maka proses penegerian sepenuhnya akan diselesaikan oleh pihak Kemendikbud hingga keluarnya Peraturan Presiden RI bersama dengan 18 universitas dan Politeknik yang akan dinegerikan. (imoel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar